Cara Yang Digunakan Untuk Menghitung RAB Pembangunan Rumah

Membangun sebuah rumah merupakan idaman setiap orang, banyak yang merencanakan dengan sebaik mungkin, ada juga yang merencanakan sambil jalan tanpa perhitungan dengan RAB terlebih dahulu. Bagi yang hendak membangun rumah dengan rencana anggaran biaya (RAB), terkadang mengalami kendala terkait dengan pemahaman terhadap analisa dalam RAB, bagi yang punya dana lebih bisa menggunakan jasa perencanaan dari tenaga ahli yang sekarang ini banyak dijumpai.
Untuk saat ini, minimal ada tiga cara yang biasa digunakan untuk menghitung RAB, cara-cara tersebut adalah:

Menghitung RAB Dengan Menggunakan Perkiraaan Biaya
Cara ini sangat sederhana, hanya dengan menggunakan perkiraan biaya per M2, yaitu mengalihkan jumlah luas bangunan dengan perkiraan biaya membangun per M2. Cara ini biasa dipergunakan oleh tukang borong bangunan berdasarkan pengalaman terhadap bangunan yang dikerjakan sebelumnya. Misalnya biaya membangun per M2 Rp. 2.500.000,- sedangkan luas bangunan yang akan dikerjakan 200 M2, maka kebutuhan biaya total adalah 200 x 2.500.000 = Rp. 500.000.000,-.

Meskipun cara ini mudah, namun tentu saja tidak akurat karena hanya bersarkan perkiraan tanpa analisa pasti.

Menghitung RAB Dengan Analisa RAB
Cara menghitung dengan analisa RAB adalah cara yang sangat disarankan mengingat metode perhitungan biaya yang digunakan berdasarkan analisa SNI. Cara ini biasa digunakan oleh perencana konstruksi dengan dasar perhitungan menggunakan Analisa Harga Satuan Pekerjaan Konstruksi (AHS-SNI). Jadi, tidak semua orang bisa menggunakan cara ini, meskipun cara ini juga bisa dipelajari.

Sebagai contoh, berikut ini beberapa cara menghitung RAB dengan analisa SNI
Menghitung RAB Dengan Bantuan Software
Mungkin cara ketiga ini masih awam, karena menggunakan bantuan software, meskipun sebenarnya sangat mudah cara penggunaannya. Biasanya yang diperlukan adalah volume dan harga bahan serta upah pekerja riil, nanti tinggal masukkan dalam software tersebut. Dalam software nanti sudah analisa SNI dan akan menghitung RAB secara otomatis.

Demikian tadi tiga cara yang biasa digunakan untuk menghitung RAB. Untuk cara yang umum digunakan adalah cara pertama dan kedua, sedangkan cara ketiga masih belum begitu biasa digunakan. Apapun pilihannya, namun yang pasti adalah perlu sebuah perencanaan matang sebelum kita memulai membangun sebuah rumah.